Profil MTs Al-Ittihad

PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH AL AL TTIHAD
PONCOKUSUMO MALANG

LATAR BELAKANG BERDIRINYA MADRASAH

Madrasah Tsanawiyah Al Ittihad berdiri pada tanggal 5 Juli 1979 dilatar belakangi kepedulian tokoh masyarakat, tokoh pendidikan dan ulama diwilayah kecamatan Poncokusumo terhadap pendidikan, terutama kebutuhan pendidikan sekolah lanjutan tingkat pertama yang bernafaskan Islam, akhirnya berdirilah Madrasah Tsanawiyah yang diberi nama AL ITTIHAD, yang pada awal berdirinya pelaksanaan belajarnya diadakan pada waktu sore hari dengan menumpang di gedung MI KH. ROMLY TAMIM di desa Belung. Tokoh-tokoh yang memprakarsai berdirinya MTs. Al Ittihad ini antara lain :

1. Bapak H. Rusydi Abdullah (almarhum)
2. Bapak Prof. DR. KH. Tholhah Hasan ( mantan Menteri Agama RI ).
3. Bapak KH. Abdullah Hasan, (Guru dan pengasuh pesantren ).
4. Bapak Djayadi (almarhum) ( Kepala MTs. Al – Ittihad yang pertama ).
5. Bapak Ahmad Tarfa’u (alm)serta tokoh-tokoh Masyarakat desa Belung lainnya.
Pada tahun 1982 mendapat waqaf sebidang tanah seluas 4050 m² dari H. Rusydi (alm). Kemudian di atas tanah tersebut dibangun sebuah gedung terdiri 6 lokal 1 kantor yang didanai secara individu oleh Bapak KH. Rusydi (alm)
Dalam perkembangan selanjutnya, MTs. Al Ittihad mulai dipercaya masyarakat, sehingga tidak lagi masyarakat wilayah kecamatan Poncokusumo saja, tetapi telah meluas hingga diluar kabupaten Malang bahkan hingga luar pulau Jawa. Kenyataan ini mendorong MTs. Al Ittihad untuk terus melakukan peningkatan kualitas, sarana dan prasarana madrasah. Salah satunya adalah perkembangan jenjang status madrasah sebagi berikut:
1. Pada tanggal 5 Juli 1979 status terdaftar
2. Pada Tahun 1993 telah bersetatus Diakui dengan NSM.212.350.710.055
3. Pada Tahun 1997 akriditasi Disamakan berdasarkan keputusan Dirjen Bimbaga Islam Nomor : Wm.06.03 / PP.03.2 / 11838 / SKp / 97
4. Pada Tahun 2002 terakriditasi dengan peringkat A dengan nomor : Wm.06.03 / PP.03.2 / 4132 / SKP / 2002
5. Pada Tahun 2008 terakkreditasi dengan peringkat A ( SK masih dalam proses)
Sejak berdirinya hingga sekarang, Madrasah Tsanawiyah Al – Ittihad telah mengalami pergantian kepemimpinan, yaitu:
1. Djayadi : Tahun 1979 – 1981 / 1985 – 1987
2. Achmad Nawawi : Tahun 1981 – 1983
3. KH. Abdullah Hasan, S.Ag : Tahun 1984 – 1987 / 1988 – 1998
4. Hizbullah Mukhtar, S. Ag : Tahun 1999 – sekarang

IDENTITAS SEKOLAH

Nama Madrasah : MTs. AL – ITTIHAD
Status : Disamakan
No. Telp. : ( 0341 ) 787422
Alamat : Jl. Raya No. 01 Belung
Kecamatan : Poncokusumo
Kode Pos : 65157
Kota / Kabupaten : Malang
Tahun Berdiri : 1979
Waktu Belajar : 06.45 – 13.10

IDENTITAS KEPALA MADRASAH

Nama Kepala Madrasah : HIZBULLAH MUKHTAR, S.Ag
Pendidikan : S – 1
Jurusan : Bahasa Arab

VISI DAN MISI MADRASAH

1. VISI
“Membentuk manusia beriman dan bertaqwa, berilmu, berteknologi, dan berakhlaqul karimah.”
2. MISI
1. Menumbuhkan kesadaran melaksanakan ajaran islam dengan benar yang tercermin dalam kepribadian dan tingkah laku siswa.
2. Memberikan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada pengetahuan yang sesuai dengan tuntutan dan kemajuan zaman
3. Memiliki ilmu pengetahuan yang berwawasan global, kreatif, inovatif dan aplikatif.
4. Mengembangkan lingkungan madrasah yang kondusif untuk membentuk kepribadian siswa yang berkepribadian Islami.

Tujuan Madrasah Tsanawiyah Al Ittihad Belung

Dengan visi dan misi yang telah ditetapkan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan, tujuan yang diharapkan oleh sekolah antara lain:
a. Standar dalam pengembangan kurikulum
1. Madrasah memiliki standar kurikulum satuan pendidikan sesuai dengan SNP
2. Madrasah memiliki perangkat pembelajaran lengkap yang meliputi KTSP, kalender pendidikan, RPP, prota, promes, Silabus dll untuk kelas 7, 8 dan 9
3. Madrasah memiliki model/sistim penilaian lengkap
b. Standar dalam proses pembelajaran
1. Madrasah mampu mengembangan strategi penilaian
2. Madrasah melaksanakan pengembangan metode pembelajaran di sekolah
3. Madrasah melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
4. Madrasah melakukan Inovasi dan Motivasi dalam PBM
5. Madrasah memilki standar pengembangan bahan dan sumber pembelajaran
6. Madrasah memiliki model pembelajaran bagi siswa berprestasi dan siswa yang menghadapi kesulitan belajar
c. Standar dalam kelulusan
1. Madrasah memiliki pengembangan standar ketuntasan belajar yaitu pada tahun terakhir untuk semua mata pelajaran KKMnya 75,00.
2. Madrasah dapat mencapai pengembangan standar kelulusan setiap tahunnya rata-rata nilai NUN naik 0,25
d. Standar dalam Sumber Daya Manusia (SDM) dan tenaga kependidikan
1. Madrasah mampu mengembangkan supervisi klinis
2. Madrasah memiliki pengembangan penilaian kinerja sekolah dan akreditasi internal sekolah
3. Madrasah mengembangkan dan meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan (standar profesionalisme guru)
4. Madrasah mampu mengembangkan PSM melalui pemantapan komite sekolah
5. Madrasah mencapai standar kompetensi TU
6. Madrasah mencapai standar monitoring dan evaluasi untuk kinerja guru dan TU
e. Standar dalam sarana dan prasarana pendidikan
1. Madrasah mampu memberdayaan fasilitas dan lokasi sekolah
2. Madrasah mampu mengadakan dan merawat RKB, Perpustakaan, laboratorium, UKS dan lapangan olahraga
3. Madrasah mampu mengadakan dan menginventaris sarana pendidikan
f. Standar dalam manajemen dan administrasi sekolah
1. Madrasah memilki rencana pengembangan pelayanan informasi manajemen sekolah (SIM) melalui interactive school.
2. Madrasah mampu menata jumlah guru dan karyawan sekolah sesuai dengan kebutuhan.
3. Melaksanakan implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS)
4. Melaksanakan pengembangan administrasi sekolah
5. Madrasah memilki pengembanagan sekolah dalam pencapaian standar pelayanan minimal (SPM)
g. Standar dalam pengembangan biaya pendidikan
1. Madrasah mencapai standar penggalangan dana dari berbagai sumber
2. Madrasah memiliki jalinan kerja dengan penyandang dana
h. Standar dalam penilaian prestasi akademik dan non akademik
1. Madrasah memilki pengembangan model evaluasi harian, tugas, dll.
2. Madrasah memilki pengembangan instrumen dan perangkat soal
3. Madrasah memilki pengembangan pedoman penilaian dan kenaikan kelas
4. Madrasah mampu mengembangkan penilaian melalui try out.
5. Madrasah mampu mengembangan prestasi melalui berbagai kejuaraan akademik maupun non akademik.
6. Madrasah mencapai standar perangkat model-model penilaian pembelajaran
7. Madrasah mencapai implementasi model evaluasi
1. KARAKTERISTIK
1. MTs. Al Ittihad memiliki karakteristik utama :
a. Mengkombinasikan antara program pendidikan umum dengan pendidikan agama
b. Kepemimpinan dan kultur bersifat demokratif dan mandiri, memfungsikan secara optimal seluruh komponen madrasah, mengutamakan pengembangan aspirasi warga madrasah
c. Menyediakan program pendidikan yang relevan dan berkaitan erat dengan kebutuhan masyarakat setempat
2. Kurikulum dan sistem pengajaran bersifat fleksibel dan adaptif serta senantiasa relevan dengan tuntutan masyarakat
3. Fasilitas akademis madrasah : Laboratorium, Perpustakaan dan ruang kelas yang ideal
4. Kultur madrasah mendorong suatu kondisi warga madrasah :
a. Belajar memiliki dimensi ibadah
b. Kerja keras tanpa mengenal lelah merupakan kebisa aan
c. Bekerjasama merupakan suatu sunnah
d. Saling menghormati terutama kepada yang lebih tua merupakan kebutuhan.[]

10 Tanggapan

  1. school di mts. al ittihad tu enak banget coy…….. anakx baek2 n gurux juga sngt akrab sekali dg muridx, poko’x masalit emang is the best deh!

  2. sekolah agama yang sangat baik dan bagus……

  3. aslam..
    d mts kok ug da galeri foto wisuda 2010 ce.. yg da cma 2009
    tu uga dah q liat d smua blog al ittuhad low..

  4. pokoknya school d masalit itu enak buangets….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. mau kerja sama dengan PT salsabilla tour ,www.salsabillatour.blogspot.com dan http://www.ms-aishah.com dan pro in kerja sama dengan 40 trevel seindonesia,minat hub kami dan mau beli paket silahkan di kami.
    kami jual paket akomodasi hotel atau paket full!

  6. betul……………………..
    betul
    betul…………………..

  7. ●▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬●
    .◄██▓░♥ HADIR BERI …JEMPOL ♥░▓██►.
    ║████║░░║████║████╠═══╦═════╗ ╚╗██╔╝░░╚╗██╔╩╗██╠╝███║█████║ ░║██║░░░░║██║╔╝██║███╔╣██══╦╝ ░║██║╔══╗║██║║██████═╣║████║ ╔╝██╚╝██╠╝██╚╬═██║███╚╣██══╩╗ ║███████║████║████║███║█████║.

  8. emank school di masalit thu enak banget ea
    masalit memang ok

  9. ga’ tuch mts al-ittihad thu krng ga’ kyk dlw grunya ga’ dha eang bsa djak diskusi

  10. school di masalit enak lo bisa punya bakat bnyk gedung miliksendiri lagi
    pokok nya masalit is the best

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: